Perbedaan Alexa Rank dan Page Rank


Tentunya anda pernah mendengar salah satu dari istilah ranking blog atau site ini yaitu, Alexa Rank dan Page Rank. Saya rasa bagi yang bergelut di dunia maya khususnya per-Bloggeran pasti tahu kedua hal ini, dan bagi yang belum tahu kali ini akan saya jelaskan perbedaan keduanya.
Sebenarnya inti dari kedua hal di atas yaitu Alexa Rank dan Page Rank sama saja yaitu menentukan ranking atau peringkat kita di dunia maya. Namun jika kita lihat lebih teliti maka kedua robot rank ini sangatlah berbeda.
Pertama perbedaan antara Alexa Rank dengan Page Rank adalah situs yang mengeluarkannya, setau saya karena maklum orang awam, Page Rank tersebut merupakan robot ciptaan dari Google.com sehingga biasanya kita mendengar istilah Google Page Rank. Sedangkan Alexa Rank merupakan robotnya Alexa, maaf saya jelaskan bahwa ini bukanlah alexa group band ya namun alexa ini merupakan punyanya alexa.com yang memang didesign untuk menentukan rank suatu situs ataupun blog.
Kedua, yang merupakan perbedaan dari Alexa Rank dengan Page Rank adalah cara menetukan ranknya. Seperti Alexa rank akan meranking suatu situs dilihat dari seberapa banyak pengunjung yang datang ke situs atau blog tersebut, makin banyak pengunjung yang datang makin bagus rankingnya. Sedangkan Page Rank ditentukan berdasarkan seberapa banyak backlink yang ditujukan kepada blog kita dari blog-blog lain ataupun situs lain.
Ketiga, adalah cara menentikan angka rank yang terbalik. Kalau AlexaRank, semakin kecil rank anda maka semakin baik, contohnya jika Alexa rank anda 100.000 dan teman anda memiliki rank 200.000 maka dapat disimpulkan kalau ranking   anda lebih bagus dari ranking blog teman anda.Sedangkan Page Rang sebaliknya, makin besar Page Rank anda maka semakin baik, contohnya page rank 4 lebih baik dari pada page rank 1.
Keempat, peringkat atau rank Alexa tidak ada yang sama di dunia, misalnya anda memiliki rank 100.000 di dunia ini hanya rank andalah yang peringkat segitu. Sedangkan page rank berbeda halnya, page rank hanya memiliki 10 rank jadi jika anda rank 1 maka banyak rank 1 yang lain di luar sana karena page rank hanya ditentukan antara 1-10 rank saja.
Saya rasa masih banya yang lain perbedaan antara Alexa Rank dengan Page Rank namun secara umum hanya segitu yang dapat saya sampaikan.

Semoga ini info yang bermanfaat (^^)

2 coment:

Achmad Zulfikar on 04 Mei, 2010 mengatakan...

Wow.. keren nihh :) terus berposting yahh :) semoga Alexa Ranknya tambah kecil :)

Ezha_cuTe on 05 Mei, 2010 mengatakan...

@Achmad Zulfikar : makasih sobb...moga aja ya...hehe tambah kurus alexa ku :D sipp deh..makasih atas komennya

Posting Komentar

Blog ku Dofollow para sobat, jadi silahkan berkomentar di blog ku untuk dapat backlink ^^ U Comment I Follow,
Ingat : NO SPAM ! , NO PORN !
Bagi yang tidak mempunyai blog, masukkan nama serta link profil facebook anda...