Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Mengganti Template Blogger

Blog adalah ibarat rumah kita, dan tentunya kita ingin blog tersebut tampil menjadil lebih cantik dan indah. Banyak cara yang dilakukan untuk membuat blog menjadi lebih cantik, diantaranya dengan menambah pernak pernik dan juga dengan mengganti tampilan/template blog. Jika kita mengganti template dengan template yang sudah disediakan blogger maka itu adalah cara yang paling mudah, tinggal pilih simpan langsung jadi. Namun template yang disediakan sangat sedikit dan tampilannya juga standar, sehingga kita seringkali mencari template lain yang lebih cantik, karena sekarang banyak sekali situs-situs yang menyediakannya dengan gratis. Namun jika kita menganti template dengan template lain yang disediakan oleh selain blogger, maka itu tidaklah semudah sebagaimana dengan menggunakan template yg disediakan blogger, karena ada beberapa efek sampingnya, diantaranya yaitu sobat akan kehilangan element2 sobat ato malah blog sobat jadi rusak. Nah berikut ini akan saya jelaskan hal-hal apa aja yang harus diperhatikan jika sobat pingin ganti template dengan jasa lain.

Pertama yang harus dilakukan adalah sobat harus membackup dulu template milik sobat. jika template baru nya tidak berhasil diinstall, caranya masuk ke menu "Layout --> Edit HTML", trus klik link bertuliskan "Download Full Template" terus simpan file yang diberikan.

Kedua yaitu membackup elemen-elemen atau widget-widget yang sudah pernah sobat pasang, caranya gini, Masuk ke menu "Page Element", nha disitu kan banyak tuh element-element yang udah sobat pasang trus dibawahnya kan ada link bertiliskan "edit" klik link-link tersebut satu persatu, copy isi dari elemen itu dan taruh dalam notepad. Kalo sobat nanti dah ganti template dan mau memasang elemen-elemen tersebut tinggal copy dari notepad terus pasang di "add page elements". Gampang bukan?

Ketiga, jika template dan elemen-elemen sudah sobat backup semua. langkah selanjutnya yaitu mengupload template yang sudah sobat pilih dan sudah di download. Biasanya file template yang di download berextenxi "xml" tapi kadang-kadang ada juga yang berekstensi "zip atau rar", kalo yang zip atau rar begitu sobat harus mengekstraknya dulu sehingga nanti akan mendapat file berekstensi "xml". Trus gini cara ngaploadnya, Kembali ke menu "Edit HTML", trus disitu kan ada tombol "brows" klik tombol tersebut terus cari file template yg pingin sobat pakai sudah sobat download, trus klik tombol :upload/Unggah".

Keempat, biasanya sobat akan mendapat konfirmasi seperti gambar dibawah ini, itu artinya elemen-elemen sobat akan dihapus. Klik tombol "Confirm & Save"

Kelima, Kembalikan elemen-elemen yang sudah sobat backup tadi sehingga kini sobat memiliki template baru dan elemen-elemen yang dulu tidak ilang.tapi sekarang blogger mempunyai fitur yaitu pertahankan widget, jadi kita tidak usah repot-repot mem-backup, hanya biasanya akan menjadi acak-acakan. jadi saya sarankan ikuti langkah Kedua

Keenam, Selamat mengotak-atik template sobat. hehe, insya allah dengan perjuangan keras blog kita akan bagus dan sobat sendiri akan bisa tentang pengeditan HTML

Semoga Berhasil dan sekian dari saya infonya. Maaf Kalo kurang lengkap ya sobb

0 coment:

Posting Komentar

Blog ku Dofollow para sobat, jadi silahkan berkomentar di blog ku untuk dapat backlink ^^ U Comment I Follow,
Ingat : NO SPAM ! , NO PORN !
Bagi yang tidak mempunyai blog, masukkan nama serta link profil facebook anda...